Its All About Food & Cooking

Tips Mengiris Bahan Makanan & Bumbu

Jangan salah menangkap instruksi memotong makanan yang tercantum di resep, nanti akan terlihat aneh, lho. Cermati istilah potong-memotong di sini.

Iris
Biasanya memotong bahan makanan dan bumbu menjadi bagian yang lebih tipis ini digunakan untuk membuat bawang goreng, salad, dan keripik. Tebal atau tipisnya tergantung dari bahan yang digunakan. Pastinya, semakin tipis bahan yang diiris, hasilnya akan semakin renyah.

Cincang
Mencincang adalah memotong bahan makanan atau bumbu menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus. Daging, bawang bombai, bawang putih, seledri, dan peterseli adalah bahan-bahan yang sering dicincang dalam resep. Agar sempurna, gunakan pisau besar dan tajam. Usahakan agar ujung pisau selalu menempel pada talenan sambil ditahan dengan tangan kiri, kemudian gerakkan gagang pisau ke atas dan ke bawah dengan cepat sampai mendapatkan cincangan yang diinginkan.

Dadu
Dalam resep, buah-buahan, umbi, dan sayuran biasanya dipotong bentuk dadu. Ukurannya bermacam-macam sesuai dengan masakan yang dibuat. Caranya mudah, cukup potong bahan menjadi bentuk memanjang, kemudian potong lagi hingga berbentuk dadu sesuai ukuran yang digunakan.

Memarkan
Memukul bahan hingga pecah juga disebut keprek. Biasanya bawang putih, serai, jahe, lengkuas, yang dimemarkan. Pakai saja batu ulekan atau gagang pisau yang diletakkan dalam posisi tidur untuk mememarkan bahan dan bumbu.

Korek api
Hasil potongan yang panjang, kecil, dan tipis membuat potongan ini dinamakan batang korek api. Untuk mendapatkannya, potong bahan makanan menjadi bagian yang tipis dan panjangnya sama dengan batang korek api, kemudian iris menjadi bagian yang lebih kecil lagi, hingga menyerupai batang korek api.

Iris halus
Cara ini biasanya digunakan untuk sayuran yang memiliki daun berlembar-lembar seperti kubis, daun selada. Hasil irisan sayuran ini umumnya dipakai untuk membuat selada atau campuran bakwan.

Pipil
Memipil adalah melepaskan butiran jagung dari bonggolnya. Jagung yang dipipil biasanya masih mentah atau sudah direbus, lalu dilepaskan dengan tangan. Selain dipipil, jagung biasanya diserut atau disisir dengan menggunakan pisau tajam.

This entry was published on September 23, 2012 at 8:20 am and is filed under Food, Tips. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: